Friday, June 22, 2012

Merk Enerjoss dan Ekstrajoss

Kasus ekstra joss (merk dagang PT. Bintang Toejoeh) dan enerjoss (merk dagang PT. Sayap Mas Utama) memiliki keunikan yang tersendiri. Seperti yang diketahui ekstra joss sudah terkenal di pasaran sebagai minuman penambah energi. Melihat pasar yang menjanjikan, PT. Sayap Mas Utama juga ingin menciptakan minuman sejenis yang diberi nama enerjoss. Antara ekstra joss dan enerjoss memang memiliki kemiripan. Keduanya memiliki akhiran bunyi “joss”. Hal ini dipemasalahkan oleh PT. Bintang Toejoeh sebagai pelopor “joss” yang pertama. Perusahaan tersebut tidak menginginkan adanya produk dengan nama enerjoss di pasaran hanya karena memiliki kemiripan bunyi.

Menurut pendapat saya, pihak Bintang Toejoeh sangat berlebihan dalam menanggapi kehadiran produk tersebut. Akan selalu ada pesaing di dalam pasar. Kemunculan enerjoss merupakan salah satu persaingan yang dilakukan oleh pihak Sayap Mas. Tidak seharusnya Bintang Toejoeh mempermasalahkan hal ini. Biarlah pada akhirnya masyarakat (konsumen) yang menentukan mana kualitas yang mereka anggap baik. Jadi, menurut pendapat saya tidak ada pelanggaran gak merk yang dilakukan oleh pihak Sayap Mas akan hal ini. Pemasalahan hanya terletak pada kecemasan berlebihan oleh pihak Bintang Toejoeh.

No comments:

Post a Comment